Jumat, 09 Desember 2011

SMA Kolese Gonzaga - Part 1

Gue akan cerita tentang SMA gue yang menurut gue adalah salah satu momen terindah dalam kepingan hidup ge..(haha.nggilani, bor!)

SMA Kolese Gonzaga.
Kalo diliat dari namanya emang ga umum banget...Kolese apaan? Gonzaga apaan juga tuh?
Kolese itu lembaga pendidikan yang dikelola oleh para Pastor dari ordo Jesuit ( SJ ). Dan Gonzaga itu nama dari Santo pelindung sekolah ini...Santo Aloysius Gonzaga.

Yang bikin gue tertarik sama Gonz (nickname sekolah ini ) adalah karena kesan yang gue dapet dari cerita orang tentang sekolah ini adalah absurd..Kenapa absurd?
Ada orang yang cerita kalo Gonz itu keren, ga pake seragam, boleh gondrong, bebas, dan sebagainya yang pada intinya Gonz itu unik ga kayak sekolah lain.
Tapi ada juga yang cerita kalo Gonz itu banyak junkie-nya, suka brantem, gembel, urakan , dan sebagainya yang pada intinya Gonz itu liar.

Jadi yang bener yang mana? absurd.
Tapi malah bikin penasaran.
Gue daftar, test, diterima, cihui.

Gue masuk Gonz taun 2004 sehingga otomatis gue berada di angkatan ke-18.
Seperti layaknya sekolah pada umumnya, para siswa baru pasti kudu ngelewatin proses MOS ( Masa Orientasi Sex  Siswa )..Awalnya gue kira MOS nya standar nasional Indonesia, yang cuma keliling sekolah dan ngejar-ngejar senior minta tandatangan.

Tapi ternyata tidak!

Hari pertama MOS emang masih cuma dengerin ceramah, keliling-keliling , dan sebagainya yang garing.
Tapi begitu hari kedua, semuanya berubah...MOS langsung berubah ke MOS tensi tinggi. Dimana penuh senioritas, bentak-bentak, hukuman fisik, dan segala macem yang bagi para pesertanya layak dilabeli "hwanjeeeng!!!"


"Kok SMA lo parah gitu senioritasnya, bor? Kan plonco - plonco uda ga boleh sama pemerintah, bor? Katanya sekolahnya asik?"


Oke..emang MOS nya gue akuin sableng. Terkesan plonco sana plonco sini ( bayangin aja gue kudu make kostum kaya plastik sampah tapi disuruh naik angkot pagi-pagi buta..sableng) dan ga manusiawi. Tapi ternyata oh ternyata , segala macam aksi "pembantaian" fisik dan mental hanyalah tipu-tipu aja...
Para senior menjadikan ajang MOS ini selain sebagai pengenalan sekolah dan pelatihan mental yaitu sebagai penyadaran bahwa di Gonz tidak menganut sistem senioritas negatif. Karena Gonz percaya bahwa senioritas negatif  itu tidak enak dan tidak ada gunanya...

Selepas MOS usai ,gue dan temen2 angkatan 18 resmi disambut dan dilantik sebagai keluarga Gonz dan berhak untuk menimba ilmu dan pengalaman apapun di tempat ini...dan gue bangga resmi jadi anak Gonz.





UNIKNYA GONZ
Gonz itu unik. Karena Gonz tidak menerapkan sistem seragam sekolah secara harafiah. Di hari hari tertentu kami diberi kebebasan untuk memakai kemeja bebas dan celana panjang bebas. Emang sih ada hari di mana kami pake seragam putih abu2 khas SMA. Tapi tetep aja bebas..yang penting warna putih abu-abu...model lengen panjang, pendek, renda2, terserah pokonya...Katanya, sistem ini dipakai untuk menunjukkan segala macam perbedaan yang ada di tiap murid, sehingga diharapkan tiap murid bisa mengetahui ke-bhineka-an sekolahnya, menghargainya , dan bersatu di tengah tembok perbedaan ...
Satu lagi soal seragam. Di Gonz baju sekolah itu boleh dikeluarin..asik kan.Jadinya malah seolah-olah baju yang dimasukin itu adalah "pelanggaran peraturan" haha...unik.

Gonz itu gonzdrong. hehe..iya, di sekolah ini boleh gonzdrong. Beberapa sekolah juga menerapkan peraturan boleh gondrong bagi murid pria. Kaya SMA PL Jakarta,Kolese Loyola Jakarta,  Kolese De Britto Jogja, dll..
Gondrong ini jadi hadiah buat para siswa yang nilainya di atas rata2..dan alhamdulilah gue bisa gondrong.

 Gue yang kiri.asik ye..


Tapi dengan baju bebas dan rambut gondrong cukup bikin repot ketika gue naik angkot buat berangkat/pulang sekolah.Kenapa? Karena naik angkot itu ada tarif pelajar dan tarif umum...dan supir angkot mana yang percaya ada orang kribo pake kemeja biasa adalah seorang pelajar berprestasi. haha...seringkali gue kudu bayar pake tarif umum kalo gue lagi males njelasin ke supir tentang siapa gue sebenarnya...(apa sih)




2 komentar:

  1. So apa-apain nih gue search Gonz ketemunya muke lo hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah lo taulah klo gue emang suka bikin surprise2 kecil kaya gini....

      Hapus